5 Tips dan Aturan Dasar Pemilihan Warna Cat Rumah

Posted on

Memilih cat untuk merenovasi rumah Anda, terutama bagi Anda yang belum pernah melakukan hal ini sebelumnya merupakan masalah yang cukup rumit. Apalagi jika Anda dihadapkan pada banyak pilihan yang menurut Anda menarik. Namun pemilihan warna juga dapat bergantung pada tujuan Anda melakukan renovasi. Misalnya jika Anda sedang dalam proses menjual rumah Anda, sebaiknya pilih warna putih atau warna dasar lain pilihan cat dinding. Hal ini akan memungkinkan pembeli untuk dengan mudah menutupi dinding dengan pilihan warna mereka dan akan memberi ruangan Anda tampilan yang lebih cerah dan bersih.

Namun, Anda harus memanfaatkan ratusan pilihan cat dan brosur di toko cat lokal Anda dan juga berbicara dengan wiraniaga tentang berbagai skema warna untuk tampilan yang Anda inginkan. Anda bisa mengubah nuansa ruangan di rumah Anda dengan sedikit perencanaan dan beberapa warna, memilah-milah nuansa untuk tampilan atau nuansa tertentu.

Pada artikel ini, kami telah merangkum 5 tips dan aturan dasar memilih warna cat yang kami dapat dari beberapa desainer interior terkemuka dunia. Selamat membaca dan berimajinasi!

Sesuaikan Warna Cat Rumah dengan Warna Perabot Anda, Bukan Sebaliknya!

Kebanyakan orang akan menentukan warna cat dinding terlebih dahulu. Hal ini akan menyulitkan Anda memadu padankan warna tersebut dengan perabot dan ornamen-ornamen yang Anda miliki sebelumnua. Untuk memudahkan pemilihan dan padu padan warna, tentukan terlebih dahulu perabot atau ornamen manakah yang warnanya akan Anda jadikan aksen warna utama. Setelah itu, barulah Anda memilih warna cat dinding rumah yang sesuai dengan warna tersebut.

Memilih Warna yang Mencolok dan Terlalu Kontras

Memilih warna yang kontras dan terlihat terang dapat memberikan kesan ceria pada rumah Anda. Namun, jika Anda memilih warna yang terlalu mencolok dan terlalu kontras, bukan kesan ceria yang dirawat. Malah memberikan kesan kaku yang terasa dipaksakan. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memilih warna yang saling mendukung. Misalnya jika Anda menyukai dan memilih warna cerah, Anda sebaiknya memilih warna perabot dengan nada netral atau bahkan putih. Tentukan apa yang akan dijadikan fokus pemandangan rumah Anda. Jika Anda memilih untuk menonjolkan warna dindingnya, maka biarkan yang lain mendukungnya, jangan bertarung dengan itu.

Menganggap Rumah Anda Sebagai Kesatuan yang Utuh

Jika Anda memilih warna yang berbeda antara satu ruang ke ruang lain, hal tersebut akan memberikan kesan yang terkotak-kotak dan tidak nyaman. Bahkan jika rumah Anda minimalis dan memiliki ruang yang terhubung satu sama lain. Misalnya jika Anda memilih warna orange cerah dalam satu ruangan dan warna pink cerah di ruangan yang lainnya.”

Nah, untuk mengatasi hal ini, gunakan warna yang gradual. Misalnya, jika Anda memilh warna orange cerah, Anda dapat memilih warna yang lebih lembut secara bertahap untuk ruangan lainnya. Ada banyak contoh dan chart warna yang dapat membantu Anda menentukan gradasi warna yang Anda butuhkan.

Warna Favorit Belum Tentu Menenangkan

Jika Anda menyukai warna ungu cerah, menggunakannya sebagai cat dinding kamar tidur adalah sebuah ide yang buruk. Karena warna tersebut bukan warna yang menenangkan, hal yang anda inginkan saat Anda beristirahat. Jika Anda menginginkan hiasan kamar dan dekorasi yang benar-benar tenang, namun Anda ingin tetap memberi sentuhan warna-warna cerah, pilihlah warna kalem seperti biru dan hijau. Jika Anda mencari sesuatu yang energik dan menarik, warna hangat seperti kuning dan jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Mengikuti Tren Warna Cat Akan Membantu Anda Memilih

Ada alasan kuat mengapa suatu gradasi warna menjadi sangat populer. Alasannya adalah warna tersebut memiliki kesan yang menyenangkan atau menenangkan bagi mereka yang melihatnya. Jadi jika Anda susah memutuskan memilih warna apa yang akan Anda pilih untuk mengganti cat rumah Anda, Anda dapat memonitor warna-warna yang sedang populer dan memilih warna yang paling mendekati selera dan keadaan rumah Anda.

Penutup

Demikian artikel lima tips dan aturan dasar memilih warna untuk cat rumah ini. Setelah membacanya, Anda diharapkan mampu ,emilih warna cat untuk dinding rumah Anda . Memilih cat yang tepat membuat Anda tidak perlu merombak total dan merenovasi rumah Anda untuk mendapat kesan baru. Dengan sedikit cat dan banyak imajinasi, Anda bisa dengan mudah mengubah tampilan dan nuansa ruangan menjadi lebih sesuai dengan keinginan Anda. Pikirkan bagaimana perasaan Anda saat berada di dalam ruangan itu.

Apakah Anda ingin merasa romantis dan tenang? Pilihlah warna yang hangat atau dingin. Anda dapat menyesuaikan pilihan warna dengan perabot dan kesan yang ingin anda tonjolkan. Semoga dapat membantu Anda memilih dan mengaplikasikan cat dinding di rumah Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *