Beberapa Hal yang Dilakukan Saat Tes untuk Kehamilan Trimester

Posted on

Kehamilan yang sudah masuk pada periode trimester kedua merupakan masa yang paling menyenangkan buat si ibu. Sebab janin yang ada di dalam kandungannya sudah mulai bisa diajak untuk berkomunikasi. Untuk itu sang ibu biasanya disarankan untuk rutin dalam melakukan tes kehamilan trimester kedua ini.

Nah emang sih pada saat trimester kedua ini yaitu sekitar minggu ke 14 hingga minggu ke 27 ini tentunya Anda akan disarankan untuk memeriksakan kandungan secara rutin kurang lebih sebulan sekali. Lalu apa saja yang biasanya akan dilakukan dokter pada saat periksa kehamilan pada periode trimester kedua ini?

  1. Dokter mengumpulkan informasi seputar kehamilan

Nah saat Anda memasuka masa trimester kedua ini biasanya dokter akan mulai melihat grafik Anda dan seterusnya adalah menindaklanjuti masalah yang muncul pada tes sebelumnya. Pada umumnya dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada ibu seperti apakah masih sering merasa mual, soal gerakan bayi, soal cairan ketuban, soal kontraksi, dan lain sebagainya.

  1. Mencatat berat badan ibu

Nah dari sini dokter akan memeriksa apakah si ibu sudah memiliki berat badan yang ideal untuk menjalani masa kehamilan ataukah belum ataukah malah kelebihan berat badan. Sebab pada masa trimester kedua ini pada umumnya ibu akan mengalami nafsu makan yang meningkat sehingga terkadang memicu meningkatnya berat badan.

  1. Mendengarkan detak jantung bayi yang ada di dalam perut ibu

Sebenarnya sejak usia kehamilan 10 minggu, maka dokter pun dengan alatnya sudah bisa mendengarkan detak jantung bayi Anda. Namun pada umumnya detak jantung bayi sudah mulai bisa di dengar dengan jelas saat usia kehamilan sudah mencapai 2 minggu. Hal ini tentunya bergantung pada posisi bayi pada uterus, akurasi tanggal perkiraan, atau juga bergantung pada berat badan.

  1. Memeriksa perut dan membahas beberapa tes yang akan dilakukan

Nah karena memang pada trimester kehamilan kedua ini bayi yang ada di dalam perut sudah mulai tumbuh dan berkembang hingga ia bisa diajak berinteraksi, jadi dokter pun biasanya memeriksa perut Anda. Entah itu memberikan stimulus atau apapun terhadap bayi Anda. Setelah itu biasanya dokter juga akan berbicara soal tes dan prosedur-prosedurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *