Cari Penyebabnya Jika Pilek dan Batuk Anak Tidak Kunjung Sembuh

Posted on

Batuk dan pilek merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya virus yang meyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Namun dari itu semua, perlu diketahui bahwa setiap orang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang mampu memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis penyakit yang datang. Termasuk pula diantaranya adalah penyakit yang menjadi penyebab flu dan batuk. Dimana keduanya akan dilawan oleh sistem kekebalan tubuh tersebut hingga benar-benar sembuh. Hanya saja pada beberapa anak bisa jadi ditemukan kasus anak tidak sembuh dalam kurun waktu yang cukup panjang.

pilek-anak-640x413Jika hal tersebut terjadi pada anak, maka akan lebih baik jika anda melakukan pengecekan kepada dokter atau ahli kesehatan untuk mengetahui apakah benar penyebabnya adalah virus. Sebuah pernyataan dari dr. Cissy B. Kartasasmita, Sp.A(K) yang merupakan ahli kesehatan anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menyebutkan bahwa bisa jadi penyebab flu dan batuk yang tidak kunjung sembuh tersebut adalah karena alergi. Jika hal ini terjadi maka yang paling tepat adalah menyingkirkan penyebab alergi tersebut.

“Pilek biasa akibat virus itu biasanya tiga sampai lima hari akan hilang dengan sendirinya. Tentu ini jika daya tahan tubuh anak bagus ya. Jika daya tahan tubuh anak sedang tidak bagus, bisa lebih lama lagi, bisa sampai dua minggu,” kata dr Cissy seperti dikutip laman Detik Health.

oleh karenanya jika flu dan batuk tidak berhenti selama 2 minggu, maka anda sebagai orang tua harus mengetahui dan mencari tahu apa penyebabnya. Karena bisa jadi yang menjadi penyebabnya adalah rhinitis alergi. Diman flu yang disebabkan oleh alergi juga memerlukan pengobatan yang tepat. Dan terlebih dahulu tentunya anda harus mengetahui pula apa yang menjadi penyebab alergi tersebut.

“Ini pilek karena alergi dan harus minum obat. Alerginya apa kan belum tahu, makanya harus dicek ke dokter. Umumnya sih alergi udara,” ujarnya

Sementara itu, khusus untuk batuk. Jika anak anda batuk kronik dan berulang. Sakit batuk yang berulang hingga 3 kali dalam sebulan tentunya harus anda ketahui pemicunya.

“Batuk lama tidak sembuh dan makin mengganggu, lalu demam lebih dari dua sampai tiga pekan tanpa tahu penyebabnya, ada kelenjar-kelenjar, berat badan tidak naik padahal asupan gizinya sudah baik, ini berarti ada sesuatu. Tanda seperti ini biasanya menjurus ke TB, harus dicek,” kata dr Cissy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *