Sinyal “Jadul”

Posted on

Anda mungkin sering melihat di banner jalan atau iklan di televisi “Paket kuota tanpa batas dengan sinyal 4G LTE”. Mungkin semua sudah tahu bahw 4G LTE adalah sinyal yang lebih cepat dibandingkan dengan 3G dan beberapa dari kalian pasti pernah menggunakan sinyal 3G,2G dan sebagainya. Sebenarnnya apa itu 4G, 3G, 2G?

Istilah tentang 4G, 3G, 2G biasa kita kenal dengan sinyal. Istilah umum dari sinyala adalah suatu isyarat untuk melanjutkan atau meneruskan seuatu kegiatan. Sinyal disini bertugas untuk mengirim dan menerima data dari provider yang digunakan. Kembali ke 4G, 3G, 2G, dan 1G. G disini kepanjangan dari Generasi. Urutannya adalah 1G, 2G, 3G, 4g, dan 5G. Kita bisa langsugn tahu perbedaan mendasar dari semuanya adalah kecepatannya. Mari kita bahas lebih lengkap:

  • 1G (Generasi Pertama)

Generasi ini digunakan untuk pnsel klasik dan bukan smartphone jaman sekarang. Sinyal 1G ini hanya bisa digunakan untuk telepon . Jaringan 1G ditransmisikan secara analog sehingga jaringannya sangat terbatas dan kecepatannya hanya 14,4 kbps.

  • 2G (Generasi Kedua)

Generasi yang beralih ke teknologi digital dan dijadikan standar komersial dengan format digital. Kecepatannya tergolong rendah – menengah 9-14,4 kbps biasa kita sebut dengan GSM dan CDMA.

  • 2,5(GPRS)

Sebenarnya ini masih termasuk dalam generasi kedua teteapi sudah mengalami peningkatan dari dibandingkan 2G, biasa kita kenal dengan sinyal GPRS (General Packet Radio Service). Kecepatannya dari 56 kbps – 115 kbps. Jau sekali peningkatannya dari 2G. Sudah bisa untuk internet, email dan MMS. Tetapi belum maksimal dan terbatas.

  • 2,75 (EDGE)

Ini juga masih masuk dalam generasi kedua dan perbaikan dari GPRS. EDGE (Enhanced Data rates For GSM Evolution). Ini adalah evolusi dari GSM dengan kecepatan 3 kali lebih baik dari GPRS dan ini EDGE juga sudah bisa akses Internet.

Mungkin dijaman sekarang sudah jarang sekali kita mendapatkan sinyal – sinyal tersebut dan para penyedia paket internet di rumah juga sudah tidak ada yang menggunakan istilah 1G, 2G untuk pemasaran mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.